Rabu, 14 November 2012

selamat tahun baru islam 1434 H


Waktu terus berputar tanpa pernah berhenti. Ia bahkan tak bisa diperlambat ataupun dipercepat meskipun kita menginginkannya. Alhamdullilah tidak terasa waktu terus berputar sangat cepat dan kini tidak terasa Ummat Islam di seluruh dunia merayakan Tahun Baru Islam yang ke 1434 H yang juga bertepatan dengan 15 November 2012 kalender Masehi. 

Tahun baru islam di namakan kalender Hijriah, Kalender ini dinamakan Kalender Hijriyah, karena pada tahun pertama kalender ini adalah tahun dimana terjadi peristiwa Hijrah-nya Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah, yakni pada tahun 622 M. 

Di beberapa negara yang berpenduduk mayoritas Islam, Kalender Hijriyah juga digunakan sebagai sistem penanggalan sehari-hari. Kalender Islam menggunakan peredaran bulan sebagai acuannya, berbeda dengan kalender biasa (kalender Masehi) yang menggunakan peredaran matahari.

Hijrah secara bahasa berarti "tarku" (meninggalkan). Dikatakan: hijrah ila syai' berarti "intiqal ilaihi 'an ghairihi" (berpindah kepada sesuatu dari sesuatu). Sedangkan secara istilah hijrah berarti "tarku man nahallaahu 'anhu": meninggalkan sesuatu yang dilarang oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda: "Muhajir (orang yang berhijrah) adalah orang yang meninggalkan segala larangan Allah”. (HR. Bukhari)


Selamat Tahun Baru Islam 1434 H, semoga pribadi dari masing-masing kita menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar